Selasa, 26 April 2011

tuas praktek fisika Alat-alat optik by Agung dan kawan2


LUP SEDERHANA DARI LAMPU BEKAS
OLEH  :
1.    PUTU AGUNG DARMADIANTO (01)
2.  PANDE INDRA ADI PUTRA (20)
3. INDAH AYU MULIANTARI (12)
4.  NOVA SUANDITA (17)
5.  NI PUTU CAHYANINGSIH (6)







SMA NEGERI 2 SEMARAPURA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
 




Pendahuluan
Latar belakang
            Di eraglobalisasi saat ini, telah kita ketahui banyak sekali alat-alat yang bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil sangat kecil bahkan benda yang letaknya sangat jauh. Alat-alat tersebut diantaranya, Lup, Mikroskop, Teropong( teropong bintang, bumi), Periskop dll. masing-masing alat tersebut mempunyai kelemahan dan kekurangan.
            Dalam hal ini kami akan  membahas tentang Lup . kita tahu bahwa lup digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih jelas. Lup dapat diperoleh di toko-toko khusus alat-alat optik. Untuk mendapatkannya mudah ,tetapi memerlukan uang agar mendapatkan alat tersebut. Untuk itu kami mencoba membuat lup sederhana yang terbuat dari  lampu bekas dan beberapa barang bekas lainnya, sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk bisa punya lup tinggal memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai dan secara tidak langsung kita sudah menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai lagi.

1.1  Tujuan
Alat ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih besar.
1.2  Rumusan Masalah
            LBagaimana cara melihat tulisan atau benda yang kecil agar nampak lebih besar ?
            LMengapa alat tersebut bisa membuat benda yang kecil nampak menjadi lebih  besar ? apa yang menyebabkannya ?

1.3  Manfaat
Manfaat dari alat tersebut adalah kita dapat melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih besar dan jelas, kita juga dibantu dalam hal biaya karena kita dapat membuat lup sederhana dari barang-barang bekas yang tidak dipakai sehingga kita tidak perlu beli mahal-mahal.

 Alat dan Bahan 
~ sebuah lampu 5 watt bekas,
~ plastik bekas
~ stik es krim
~ tali/benang
~selotif
~ air
~ obeng
~ palu




Landasan Teori
LUP

Lup adalah sebuah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih jelas.
Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas. Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.
Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).
lup3-300x105Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah
pers09Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).
lup2-300x2041Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah
pers051Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.
 Langkah Pembuatan
            L Pertama, ambil sebuah lampu bekas 5 watt kemudian lbangi bagian bawahnya.
            LKemudian keluarkan semua isinya agar sampai bersih,
            LTrus cuci dengan air bersih,lalu lap sampai bersih
Lmasukkan air kedalam lampu tersebut sampai penuh dan tutup dengan sebuah plastik dan ikat dengan tali atau benang dengan erat agar air dalam lampu tersebut tidak keluar atau bocor.
L kemudian ambil stik es krim lalu ikat dengan tali/benang dibagian tubuh lampu sebagai pegangan atau penyangga lampu.
            L terakhir lilit dengan selotif agar stik es krim tersebut tidak goyang dan lebih kuat.
            Llup sederhana dari lampu bekas sudah siap untuk digunakan.

 Cara Kerja Alat
Kita telah tahu bahwa lup digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil agar terlihat lebih besar.
Cara menggunakan alat ini yaitu
LAmbil sebuah buku atau koran yang ukuran tulisannya sangat kecil
LLalu ambil lup sederhana tadi yang kita buat ,kemudian dekatkan ke buku atau koran yang akan kita teliti
LLihat perubahan ukuran hurufnya
LMula-mula ukurannya kecil ,tapi setelah dilihat dengan lup ukurannya berubah menjadi besar.
LCoba ulangi lagi dengan buku atau tulisan yang lain yang lebih kecil. Jika tulisannya berubah menjadi besar atau dari yag tidak jeelas mejadi jelas berarti kerja alat yang anda buat bekerja dengan sukses.



 Pembahasan

2.1  Bagaimana cara melihat benda atau tulisan yang kecil agar terlihat jelas ?
            Kita telah mengetahui saat sekarang ini teknologi sudah semakin maju banyak sekali alat-alat yang bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil diantaranya, lup, mikroskop, teropong baik teropong bintang, teropong bumi, peroskop dll. tetapi yang kita gunakan untuk melihat benda yang kecil yaitu lup karena lup berfungsi untuk melihat dan memperbesar benda-benda kecil agar nampak lebih besar dan jelas. Saat ini lup sangat banyak jumlahnya apalagi teknologi sudah semakin maju, untuk mendapatkan alat tersebut tidaklah sulit tinggal kita beli di toko-toko alat-alat optik.
Lup sering digunakan oleh para detectif untuk menyelidiki kasus-kasus yang berkaitan dengan jejak-jejak kaki maupun tangan .
            Dalam hal ini kami membuat lup sederhana yang lensanya terbuat dari lampu bekas. Kaca dari lampu bekas tersebut berfungsi sebagai lensa cembung atau lensa positif yang berfungsi memperbesar benda yang dilihat layaknya lensa pada lup.


2.2 Mengapa alat tersebut dapat membuat benda yang kecil nampak lebih besar dan jelas ? apa yang menyebabkannya ?
Kaca pada lampu bekas tersebut berfungsi sebagai lensa cembung layaknya lensa pada lup-lup umumnya. Bagian badan atau belakang pada besi yang memiliki garis seperti sekrup sebagai pegangan dari pada alat tersebut. Air dimasukkan kedalam lampu untuk merubah peranan kaca menjadi lensa cembung layaknya lensa cembung pada lup aslinya.
Hal yang menyebabkan benda yang kecil terlihat lebih besar jika menggunakan alat tersebut adalah kaca dari lampu bekas tersebut dan air yang dimasukkan kedalam lampu tersebut, sehingga kalau di pakai untuk melihat benda yang  kecil akan nampak lebih besar dan jelas karena air dal kaca dari lampu tersebut berubah peranan menjadi lensa cembung seperti lensa cembung pada lup aslinya.


 Kesimpulan
          Dari data diatas dapat kami menarik kesimpulan sebagai berikut.
1.      Lup dan lup sederhana yang kami buat dan lampu bekas tersebut memiliki sifat bayangan maya, tegak , dan diperbesar. Lup dan alat tersebut hanya bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil saja dan tidak bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil dan benda -benda yang sangat jauh karena hanya menggunakan 1 buah lensa yaitu lensa cembung.
2.      Mungkin air yang kami masukkan kurang penuh dan menutupnya kurang rapat sehingga tampak titik air jika alat tersebut dibalik maka tampat titik air yang agak mengganggu sedikit, tetapi kalau kita teliti dalam mengisinya pasti tidak akan nampak titik air tersebut. Tetapi meski timbul titik air di lup tersebut masih dapat digunakan untuk mlihat benda-benda yang kecil dengan baik.
3.      Setelah 2-3 hari titik air tersebut akan bertambah besar, hal tersebut disebabkan karena kurang rapatnya tali pengikat dan penutupnya dan menguapnya atau terhisap air tersebut oleh bahan yang berwarna cokelat kemerahan yang ada didalam bola lampu tersebut bagian belakang pada penyambung antara kaca dan besi dari lampu tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by circuitdragon

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks